Saturday, April 7, 2007

"Read more" untuk Classic Templates pada Blogger

Setiap artikel yang Anda masukkan ke dalam blog, selalu akan ditampilkan seluruhnya di dalam content secara berurutan. Mulai dari artikel terbaru sampai dengan artikel-artikel sebelumnya. Jika setiap artikel yang Anda masukkan hanya beberapa kalimat pendek saja, maka tidak ada masalah. Nah, bagaimana kalau artikel yang Anda masukkan sangat panjang sampai ada beberapa halaman? Tentunya akan memenuhi content blog Anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda membuat penggalan di dalam artikel yang Anda kirim dengan cara memberi link Read more seperti yang ada di beberapa website. Artikel yang ditampilkan di content hanyalah sebagian dari artikel saja sedangkan artikel secara keseluruhan akan ditampilkan jika sudah di klik pada Read more.

Sebenarnya sudah ada banyak panduan tentang pembuatan Read more ini dan banyak juga yang sudah mencobanya tapi banyak juga yang gagal. Beberapa orang yang gagal mengusulkan agar memuat artikel Read more di Depot T.I.K. Jika Anda tertarik dengan artikel ini silakan mengikuti panduan berikut.

(1) Login di blogger.com
Langkah pertama adalah buka blogger.com melalui browser Anda. Setelah tampil halaman depan blogger.com, klik pada New Blogger. Isi e-mail dan password Anda kemudian klik Sign In.

(2) Membuka template
Jika proses login berhasil, Anda akan memasuki halaman Dashboard pada blogger.com. Di sini ada beberapa informasi tentang blog Anda mulai dari judul blog Anda, jumlah posting, dan ada beberapa link yang berguna untuk mengatur konfigurasi blog. Pada bagian ini kita klik pada Template.

(3) Mencari kode
Sekarang cari kode di bawah ini pada template blogger.


<p><$BlogItemBody$></p>


(4) Menyisipkan kode
Kalau sudah ketemu, di bawah kode tersebut sisipkan kode html sebagai berikut :


<MainOrArchivePage><br />
<a href="<$BlogItemPermalinkURL$>"><i>Read more...</i></a>
</MainOrArchivePage>


(5) Susunan html
Jadi, susunan kode html di template setelah ditambah dg kode READ MORE akan menjadi seperti ini (yg warna merah adalah kode tambahan untuk READ MORE, sedang kode warna hitam adalah kode asli template):


<p><$BlogItemBody$></p>
<MainOrArchivePage><br />
<a href="<$BlogItemPermalinkURL$>"><i>Read more...</i></a>
</MainOrArchivePage>


(6) Menyisipkan CSS
Langkah berikutnya setelah Anda mengganti kode html-nya, kini giliran menyisipkan kode CSS pada template. Di bagian paling atas terdapat kode-kode yang diawali dengan <style> dan ditutup dengan </style>. Sisipkan kode berikut persis di atasnya kode </style>


<MainOrArchivePage>
span.fullpost {display:none;}
</MainOrArchivePage>

<ItemPage>
span.fullpost {display:inline;}
</ItemPage>


(7) Menyimpan template
Jika proses penyisipan kode selesai, klik Save Template Change untuk menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

(8) Mengatur setting
Setelah proses penyisipan kode selesai, Klik Setting, kemudian klik Formatting. Di bagian paling bawah ada kotak kosong di samping Post Template. Isi kotak kosong tersebit dengan kode berikut:


<span class="fullpost">



</span>


(9) Menyimpan setting
Setelah pengetikan kode selesai, klik Save untuk menyimpan setting. Proses pembuatan Read More telah selesai.


(10) Cara memposting
Sekarang bagaimana cara memposting? Ada sedikit perbedaan cara memposting menggunakan Read more ini. Pada saat memposting, klik EDIT HTML. Maka, secara otomatis akan tampak kode sebagai berikut :

<span class="fullpost">



</span>


(11) Mengedit posting
Letakkan posting yang akan ditampilkan di halaman muka di atas kode <span class="fullpost"> sedangkan sisanya letakkan di antara kode <span class="fullpost">
dan </span>.

(12) Mempublish posting
Klik Publish untuk mempublish posting Anda. Jika sudah selesai, buka blog Anda atau jika sudah terbuka klik Refresh dan lihat hasilnya.

No comments: