Monday, February 5, 2007

Mengganti Template Blog

Template merupakan salah satu daya tarik bagi pengunjung blog. Jika template Anda menarik serta nyaman dipandang, maka akan memperlama pengunjung blog Anda untuk mampir membaca posting Anda. Template akan sangat berpengaruh bagi pengunjung window shopper, yaitu pengunjung yang hanya berniat melihat-lihat isi blog Anda. Bagi mereka, tampilan akan membuatnya singgah sedikit lebih lama ke blog Anda.

Salah satu penyedia template blog adalah Blogger Template yang beralamat di http://blogger-templates.blogspot.com/ . Blogger Template menyediakan berbagai macam template yang didesain untuk Blogger.com.

Adapun langkah-langkah untuk mengganti template adalah sebagai berikut :
  1. Buka http://blogger-templates.blogspot.com/. Pilih desain yang Anda inginkan dengan meng-klik arsip per bulan yang ada di sebelah kanan.
  2. Sebagai contoh kita pilih desain Sunflower. Klik Get the Code pada bagian bawah gambar desain Sunflower.
  3. Akan muncul sebuah halaman berisi kode template Sunflower. Klik kanan kemudian klik Select All untuk menyeleksi seluruh code template. Klik kanan kemudian klik Copy untuk menyalin code template tersebut.
  4. Buka ke http://www.blogger.com/, kemudian masukkan username serta password Anda. Setelah muncul tampilan Dashboard, klik pada Template. Klik Edit HTML untuk mengedit HTML-nya.
  5. Pada window yang berisi kode HTML ini, klik kanan kemudian klik Select All. Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus template.
  6. Selanjutnya klik kanan kemudian klik Paste untuk memasukkan template yang baru.
  7. Simpan template yang baru dengan meng-klik Save Template . Apabila gagal, klik pada Revert to Classic Template, kemudian simpan lagi menggunakan Save Template Change.
  8. Lihat tampilan baru blog Anda dengan meng-klik View Blog. Seketika blog Anda akan berubah tampilannya.
  9. Selamat menikmati tampilan blog baru

No comments: